cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Channel : Jurnal Komunikasi
ISSN : 23392681     EISSN : 26212579     DOI : 10.12928
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol 5, No 2 (2017)" : 11 Documents clear
MAKNA DESTINASI WISATA DI DUA ‘DUNIA’: Studi atas Gambaran Dunia Maya dan Fakta Empirik Destinasi Wisata Sulhan, Muhamad
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.584 KB)

Abstract

AbstrakTulisan ini berupaya mendeskripsikan dan mengelaborasi perbedaan makna yang munculatas gambaran destinasi wisata dalam dua bentuk. Di satu sisi adalah gambaran dunia maya di duasitus destinasi wisata, di sisi lain adalah gambaran fakta sesungguhnya setelah seseorang datangke sebuah tempat destinasi. Penelitian sebagai dasar tulisan ini menggabungkan analisis atas duahal. Pertama, mengambil dan menganalisis isi dua situs resmi dari dua destinasi wisata di Indonesiayang populer dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif atas gambar dan kalimat. Kedua,melakukan observasi dan wawancara mendalam terhadap informan yang datang dan menyaksikansebuah tempat destinasi wisata setelah mendapatkan informasi di laman digital. Analisis atasgabungan dua data tadi berupaya memperlihatkan keunikan, kesenjangan, dan perbedaan antaragambaran dunia maya atas destinasi wisata, dengan opini dan persepsi pengunjung wisata yangtelah melihat secara nyata destinasi tersebut. Pemanfaatan media digital telah membuat gambaransebuah destinasi dengan keunikan tersendiri. Terdapat gambaran yang ‘hiperbolik’ atas sebuahtempat destinasi. Gambaran yang ternyata menuai kritik, kekecewaan, dan ketidakpuasan setelahseorang pengunjung wisata datang dan menyaksikan sendiri tempat destinasi yang digambarkandalam dunia maya (blog, situs, fesbuk, twitter, dan lain-lain).Keyword: destinasi wisata, digital communication, hiperrealitas, cyberworld.
ANALISA KEGAGALAN KOMUNIKASI POLITIK DALAM PILKADA SERENTAK 2015 DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS PDI PERJUANGAN) Fajri, Choirul; Fadillah, Dani
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.131 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegagalan proses komunikasi dalam sebuahdinamika politik dalam konteks Pilkada. Pada pemilihan kepala daerah 2015 lalu di Sleman DIY,PDIP Perjuangan yang merupakan partai besar, dengan basis massa yang banyak, dan merupakanpartai pemenang pemilu ternyata mengalami kekalahan.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tipe daripenelitian ini adalah melakukan penelaahan secara mendalam terhadap strategi politik yangdilakukan oleh PDI Perjuangan serta strategi yang dilakukan oleh rival politiknya, sehinggamenyebabkan kegagalan kemenangan pasangan calon yang disusng oleh PDI Perjuangan.Beberapa aktivitas dilaksanakan seperti melakukan wawancara, mengumpulkan data dan mengkajipemberitaan-pemberitaan yang ada.Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya kegagalan komunikasi politik PDIP dalamPilkada Serentak di Sleman 2015, hal tersebut karena PDIP kurang mengintegrasikan ranahkomunikasi internalnya, tidak memainkan isu-isu untuk menciptakan opini publik, dan mengelolamedia komunikasi dengan baik.Kata Kunci: Komunikasi Politik, Pilkada, dan PDI Perjuangan.
PERAN BIDANG HUBUNGAN MASYARAKAT KEPOLISIAN DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MANAJEMEN KOMUNIKASI PUBLIK
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.369 KB)

Abstract

AbstrakKepolisian merupakan organisasi pemerintah yang fungsinya adalah sebagai pelindung,pengayom, dan pelayan masyarakat di Indonesia. Peran polisi sangat berat dalam melaksanakanfungsinya tersebut, mengingat pelanggaran hukum yang ditangani oleh polisi dari waktu ke waktusemakin meningkat. Dalam kondisi tersebut. Profesionalitas polisi harus lebih ditingkatkan demimenjaga nama baik polisi di mata masyarakat. Banyaknya komitmen pemerintah untuk lebihmenstabilkan kondisi bangsa Indonesia berbagai masalah pelanggaran hukum, seperti pembasmianterorisme, ungkap kasus narkoba, penangkapan buronan, dan lain sebagainya, serta peningkatankeamanan dan ketertiban masyarakat yang merupakan bagian penting dari stabilitas politik adalahbentuk tanggungjawab polisi untuk pemerintah yang harus dijalankan dengan baik. Sebagaipendukung yang berfungsi menjadi jembatan penghubung antara kepolisian dengan khalayak luasmaka dibentuk satuan kerja yang khusus menangani hubungan masyarakat yang disebut BidangHubungan Masyarakat (Bidhumas). Kinerja kepolisian dibagi menjadi beberapa wilayah hukumyaitu dari tingkat tertinggi Mabes Polri, Polda, Polres,d an Polsek. Penelitian ini bertujuan untukmenganalisa proses pengelolaan informasi yang dilakukan Bidhumas Polda DIY yang berkaitandengan manajemen komunikasi publik. Peran Bidhumas Polda DIY dalam proses pengelolaaninformasi dan manajemen komunikasi menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian inimengambil lokasi di wilayah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, maka penelitian ini menunjukPolda DIY melalui satuan kerja Bidhumas sebagai subjek penelitian yang menjadi jembatanpenghubung utama antara Polda DIY dengan masyarakat umum DIY dalam mengelola interaksidan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknikwawancara dan observasi langsung digunakan untuk mendapatkan kesesuaian data antarainforman dan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bidhumas Polda DIY dalammengelola informasi terkait proses manajemen komunikasi publik dengan cara memanfaatkanmedia. Media yang dimaksud adalah media sebagai alat bantu penyebar informasi dan mediasebagai lembaga yang mengelola informasi yaitu media pemberitaan. Media sebagai alat bantuoleh Bidhumas Polda DIY dibedakan menjadi dua yaitu media konvensional: media cetak dan mediaelektronik, serta yang kedua adalah media baru yaitu media yang berbasis pada teknologi internetyang mengutamakan kecepatan dan jangkauan luas dalam penyebaran informasi.Kata kunci: manajemen komunikasi, peran humas, pemanfaatan media.
RESEPSI KEKERASAN SEKSUAL KHALAYAK DALAM SERIAL TV GAME OF THRONES Andiesta, Adella Vira; Bajari, Atwar
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.442 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul Interpretasi Pemirsa terhadap Kekerasan Seksual dalamserial TV, Game of the Thrones Penasihat Utama Dr. Atwar Bajari., M.Si. dan Penasihat KeduaDr. Iwan Koswara., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) rumusan makna pembuatteks, (2) pembacaan khalayak, dan (3) kerangka pengetahuan pemirsa yang mendasari pembacaanterhadap kekerasan seksual di serual TV, Game of Thrones. Ini adalah penelitian metode kualitatifdengan teknik analisis penerimaan menggunakan model Encoding-Decoding Stuart Hall. Objekpenelitiannya adalah serial TV, Game of Thrones dan informan penelitian adalah penonton serialTV Game of Thrones. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumusan pembuat teks tentang maknakekerasan seksual dapat disimpulkan hingga tiga poin. Pembacaan penonton menghasilkan ketigaposisi membaca: pembacaan dominan-hegemonik, negosiasi, dan oposisi. Kerangka pendengarpengetahuan yang mendasari bacaan itu terdiri dari aspek kepercayaan, nilai budaya, dan latarbelakang pendidikan. Peneliti mengemukakan bahwa (1) produsen teks media meneliti penelitianpendengar dalam menentukan konteks media, dan (2) studi penerimaan dan penelitian denganmenggunakan metode analisis penerimaan untuk lebih ditingkatkan.Kata kunci: Khalayak, Kekerasan seksual, Game of Throne, Analisis Penerimaan,Encoding-decoding
MEMPERTAHANKAN PASAR MEDIA CETAK MELALUI KONTEN AUGMENTED REALITY/AR (Studi pada Koran Tribun Jogja) Permana, Fitri Yuliantri
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.529 KB)

Abstract

AbstrakPenggunaan teknologi adalah hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis media agar dapatmempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta danJawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upayamemadukan teknologi dengan media konvensional.Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk menganalisis penggunaanteknologi AR pada koran cetak Tribun Jogja. Dilihat dari sisi strategis, penggunaan teknologi ARdilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan sebagai branding sebagai korancetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Penggunaan teknologi AR juga berdampak padaperubahan manajemen pemberitaan.Kata kunci: Tribun Jogja, Augmented Reality, koran cetak lokal.
KOMUNIKASI KELUARGA PESANTREN DALAM PEMBELAJARAN POLITIK (Studi Etnografi terhadap Keluarga Pembina Pondok Pesantren Assyakirriy di Kabupaten Jember – Jawa Timur) Al Mujib, Ihwan Huda; Sudjoko, Anang
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.363 KB)

Abstract

AbstrakKomunikasi keluarga terkait pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dalamkeluarga pesantren. Kyai memberikan pembelajaran politik kepada anggota keluarga untukmempertahankan pengaruhnya yang sangat besar di masyarakat. Terlebih keluarga pesantrenmemiliki keunikan yaitu tidak akan memilih orang lain untuk meneruskan perjuangan kyai. Namunbeberapa ahli menyatakan bahwa peran komunikasi keluarga terkait politik masih sangat kurang.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk komunikasi keluarga pesantren dalampembelajaran politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi etnografi untukmengungkapkan realitas komunikasi keluarga pesantren terkait pembelajaran politik. Hasilpenelitian menunjukkan pembelajaran politik dalam keluarga pesantren dilakukan denganbeberapa cara yaitu Jagongan politik, menyampaikan pesan pembelajaran politik melalui Umy,menyampaikan pembelajaran politik melalui telephone selular, dan mendampingi komunikasipolitik kyai dengan actor politik dan pejabat negara. Mampu memahami materi pembelajaranpolitik dan melaksanakannya dalam kegiatan politik merupakan wujud tercapainya koordinasipembelajaran politik di keluarga pesantren.Kata Kunci : Komunikasi Keluarga, Keluarga Pesantren, Pembelajaran Politik.
PERSEPSI DAN MOTIF PEKERJA SOSIAL TERHADAP PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PSK Machsunah, Uun
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (299.431 KB)

Abstract

AbstrakPekerja Sosial di Pusat Rehabilitasi Pekerja Seks Komersial (PSK) memerlukan keahlianberkomunikasi dalam menjalankan tugasnya. Dalam lingkungan sosial masyarakat, Pekerja sosialyang menghadapi Perempuan PSK seringkali berhubungan dengan orang-orang yang beragamdalam kehidupannya. Tidak sedikit dari perempuan PSK tersebut yang memiliki peran dalamkeluarga, sebagai anak, istri atau seorang ibu dengan berbagai permasalahan. Penelitian dilakukandi Balai Rehabilitasi Sosial Karya Wanita (BRSKW) Palimanan Cirebon, yang beralamat di Jl. KHAgus Salim No 107 Rt. 06/02 Desa Palimanan Timur, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon,Provinsi Jawa Barat. BRSKW Palimanan ini merupakan salah satu pusat rehabilitasi yang dimilikipemerintah Provinsi Jawa Barat dan menampung siswa atau klien dari berbagai kota sepertiBandung, Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Subang, Purwakarta, Karawang, Indramayu dan Cirebon.Program yang diberlakukan bagi perempuan PSK secara umum bertujuan untuk mengatasipermasalahan kesejahteraan sosial mereka. Secara khusus, program pemberdayaan juga berusahamemberikan ketrampilan-ketrampilan dalam berbagai bidang mulai dari agama, sosial dan seni.Pekerja sosial mengajarkan ketrampilan dan keahlian serta melakukan pendekatandialogis terhadap perempuan PSK agar kembali hidup normal dalam lingkungansosialnya. Dalam tugas tersebut, ada beberapa pekerja yang berstatus PNS adapulatenaga sukarelawan (honor). Setiap pekerja sosial memiliki persepsi terhadap masalahmasalahsosial yang dihadapi berkaitan dengan program pemberdayaan yangdilakukannya. Persepsi dalam komunikasi bisa sangat memengaruhi cara pekerja sosialdalam memahami dan memberi solusi terhadap masalah sosial. Kajian ini menggunakanpendekatan fenomenologi yang berusaha mengungkap makna di balik pengalaman pekerjasosial dalam menjalankan tugasnya di bidang pemberdayaan perempuan. Studi fenomenologidiharapkan mampu mengungkap pandangan setiap pekerja sosial yang bergelutdalam menunaikan tugasnya agar perannya di bidang pemberdayaan sosial bisa lebihoptimal.Kata kunci: Persepsi, Pekerja Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Fenomenologi.
PSIKOLOGI CYBER MEDIA SENI KOMUNIKASI PROPAGANDA MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DALAM KAITANNYA DENGAN ISU SARA DI INDONESIA Putra, Fajar Dwi
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (863.47 KB)

Abstract

ABSTRAKPembentukan karakter dan kepribadian seseorang ditentukan ketika seseorang tersebutbersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Baik itu lingkungan fisik yang diperoleh denganpergaulan secara langsung, melalui buku atau media cetak maupun melalui media-media elektronikseperti televisi, radio bahkan internet. Kehadiran media sosial, seperti Facebook, Twitter, Blog,Path, BBM, dan sebagainya, membawa perubahan yang sangat radikal dalam berkomunikasi.Apalagi media sosial tersebut dapat dilihat melalui telepon genggam atau telepon seluler (ponsel)yang semua orang bisa mengaksesnya kapan saja. Melalui media sosial pula kita dapat melakukaninteraksi sosial dalam berbagai macam bentuk pertukaran, kolaborasi dan saling mengenal satusama lain dalam jenis gambar/foto dan audio visual.Kata kunci : Komunikasi Persepsi
MOTIVASI PEMBELIAN IMPULSIF ONLINE SHOPPING PADA INSTAGRAM (Analisis Deskriptif Motivasi Konsumen dalam Melakukan Pembelian Online Pada Instagram) Cistaning, Dewa Ayu; Nugroho, Catur
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.235 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi konsumen dalam melakukan aktivitasonline shopping yang berdampak langsung terhadap tingginya pembelian impulsif pada instagram.Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswi dari beragam universitas di Kota Bandung. Penelitimenggunakan metode deskriptif kualitiatif guna mendeskripsikan secara menyeluruh dan mendalammengenai motivasi pembelian impulsif dalam aktivitas online shopping pada instagram. Penelitianini menggunakan paradigma konstruktivis dan menggunakan tehnik wawancara mendalam sertaobservasi dalam proses pengumpulan hasil penelitan.Hasil penelitian menunjukan adanya motif utilitarian atau motif irrasional yangmendominasi argumentasi para informan yang kerap melakukan pembelian impulsif. Karakteristikpribadi yang mempengaruhi adalah umur dan daur hidup, pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidupdan konsep diri. Sedangkan, faktor eksternal yang paling mempengaruhi adalah faktor lingkungan.Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan motivasi pembelian impulsif dalam kegiatan onlineshopping adalah hadirnya hasrat hedonistik, kebutuhan self esteem dan self actualization, persepsikonsumen terhadap pengambilan keputusan dan persepsi konsumen terhadap keputusan. Selain itu,peneliti menemukan keberalihan cara pandang setiap konsumen terhadap suatu produk. Parakonsumen tidak hanya melihat dari fungsinya saja sebagai suatu kebutuhan, namun, melihatnyasebagai alat pemenuhan kepuasaan dan pengaktualisasian diri.Kata kunci: motivasi belanja, online shopping, pembelian impulsif, instagram
ANALISIS LITERASI MEDIA TELEVISI DALAM KELUARGA (Studi Deskriptif Pendampingan Anak Saat Menonton Televisi Di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan) Ginting, Rahmanita; Pratiwi, Sri
CHANNEL Jurnal Komunikasi Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (85.459 KB)

Abstract

AbstrakTelevisi merupakan media massa yang banyak dimanfaatkan oleh orangtua dan anak dalammemperoleh beragam informasi dan hiburan, namun tanpa memahami struktur pengetahuan danketerampilan dalam literasi media maka orangtua akan kesulitan dalam memberikan informasiyang seimbang pada saat mendampingi anak menonton televisi. Penelitian ini bertujuan untukmenjelaskan struktur pengetahuan literasi media yang dipahami oleh orangtua dan menjelaskanketerampilan (skills) literasi media yang sebaiknya dimiliki oleh orangtua pada saat mendampingianak menonton televisi di SD Islam Al Ullum Terpadu Medan. Penelitian ini menggunakan metodepenelitian deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan pendapat objek yang diteliti berdasarkanfakta yang ada di lapangan mengenai literasi media dalam keluarga sebagai proses pendampinganpada saat menonton televisi pada anak di SD Islam Al Ulum Terpadu Medan. Subjek dalampenelitian ini adalah keluarga. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan dokumentasi. Hasilpenelitian menyebutkan bahwa struktur pengetahuan yang dipahami oleh orangtua meliputipengetahuan isi pesan, pengetahuan industri media, dan pengetahuan efek media. Sedangkanketerampilan literasi media yang dimiliki orangtua sebaiknya meliputi analisis, evaluasi,pengelompokan, induksi, deduksi, sintesis, dan abstraksi. Namun pengetahuan dan keterampilanliterasi media yang dimiliki oleh orangtua masih berada pada proses pemahaman saja, sehinggapada saaat mendampingi anak menonton televisi orangtua hanya memberikan informasisekedarnya.Kata Kunci: Literasi Media, Pendampingan menonton televisi, Keluarga

Page 1 of 2 | Total Record : 11